Jumat, 10 April 2015

Pengambilan Keputusan Manajemen

Manajemen membutuhkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan mereka. Sistem informasi mempunyai peranan yang penting dalam menyediakan informasi untuk manajemen setiap tingkatan. Tiap-tiap kegiatan dan keputusan manajemen yang berbeda membutuhkan informasi yang berbeda. Oleh karena itu untuk dapat menyediakan informasi yang relevan dan berguna bagi manajemen, maka pengembang sistem informasi harus memahami terlebih dahulu kegiatan yang dilakukan oleh manajemen dan tipe keputusannya
Keputusan bisa berulang kali dibuat secara rutin dan dalam bentuk persoalan yang sama sehingga mudah dilakukan. Keputusan yang dihadapi mungkin serupa dengan situasi yang pernah dialami, tetapi ada ciri khusus dari permasalahan yang baru timbul. Pengambilan keputusan adalah memilih satu atau lebih diantara sekian banyak alternatif keputusan yang mungkin.

Tipe-Tipe Kegiatan Manajemen
Kegiatan manajemen dihubungkan dengan tingkatannya didalam organisasi dibagi menjadi 3 bagian:
1. Perencanaan strategik
merupakan kegiatan manajemen tingkat atas, sebagai proses evaluasi lingkungan luar organisasi, penerapan tujuan organisasi, dan penentuan strategi-strategi. 
- Proses evaluasi lingkungan luar organisasi 
Lingkungan luar dapat mempengaruhi jalannya organisasi, oleh karena itu manajemen tingkat atas harus pandai mengevaluasinya, harus dapat bereaksi terhadap kesempatan-kesempatan yang diberikan oleh lingkungan luar, misal produk baru, pasar baru. Selain itu manajemen tingkat atas harus tanggap terhadap tekanan-tekanan dari lingkungan luar yang merugikan organisasi dan sedapat mungkin mengubah tekanan menjadi kesempatan. 
  • Penetapan tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi berdasarkan visi yang dimiliki oleh manajemen. Misalnya tujuan perusahaan adalah dalam waktu 5 tahun menjadi penjual terbesar di dalam industri dengan menguasai 60% pasar. 
  • Penentuan strategi manajemen tingkat atas menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud untk mencapai tujuan-tujuannya. Dengan strategi semua kemampuan yang berupa sumber daya-sumber daya dikerahkan supaya tujuan organisasi dapat diraih.
2. Pengendalian manajemen
sistem untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien. Ini merupakan tingkatan taktik (tactical Level), yaitu bagaimana manajemen tingkat menengah menjalankan taktik supaya perencanaan strategi dapat dilakukan dengan berhasil. Taktik yang dijalankan biasanya bersifat jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Proses pengendalian manajemen terdiri dari: pembuatan program kerja, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pengukuran, pelaporan dan analisis.

3. Pengendalian operasi 
Sistem untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien. Ini merupakan penerapan program yang telah ditetapkan di pengendalian manajemen. Pengendalian operasi dilakukan di bawah pedoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan pada tugas-tugas tingkat bawah.


Tahapan Pengambilan Keputusan
  1. Intelligence, Merupakan tahap pengumpulan informasi untuk mengidentifikasi masalah.
  2. Design, Merupakan tahap perencanaan solusi dalam bentuk alternatif pemecahan masalah.
  3. Choice, Merupakan tahapan memilih alternatif yang disediakan.
  4. Implementation, Merupakan tahap melaksanakan keputusan dan melaporkan hasilnya.


Tipe-Tipe Keputusan Manajemen
  1. Keputusan Tidak Terstruktur (Unstructured Decision), Merupakan keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi
  2. Keputusan Setengah Terstruktur (Semi-Structured Decision), Merupakan keputusan yang sebagian dapat diprogram, sebagian berulang-ulang, dan sebagian tidak terstruktur.
  3. Keputusan Terstruktur (Structured Decision), Merupakan keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram.
Sumber:
 http://memebali.blogspot.com/2013/07/konsep-dasar-sistem-informasi-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar