Ramadhanty Dwi Putri
18214880
4EA12
BEDAH IKLAN
( Iklan Pepsodent Ayah Adi dan Dika Versi "Ksatria Malam")
- Alasan Memilih Iklan Pepsodent
Pepsodent, siapa
yang tak kenal dengan merk pasta gigi ternama ini. Pasta gigi ini selalu
menampilkan iklan-iklan yang kreatif dan inovatif. Iklan pepsodent yang terbaru
menampilkan cerita tentang ayah dan anak yang sangat unik dan mendidik. Iklan
tersebut berjudul : "sikat gigi bersama ayah Adi dan dika. Sikat Gigi Pagi
+ Malam’ mengetengahkan dua tokoh: Ayah Adi dan Dika, ayah dan anak yang
berbagi tips dan trik tentang bagaimana menjadikan menyikat gigi lebih bisa
dinikmati, dan tidak menjadi pengalaman buruk bagi orang tua dan anak-anak. Maka
dari itu saya memilih iklan ini karena di dalam iklan ini terdapat pesan-pesan
moral yang baik terutama pada kesehatan gigi para konsumennya dengan sangat
ringan dan mudah dipahami.
Iklan Pepsodent
versi Ayah Adi dan Dika bertema “Ksatria Malam”. Iklan ini bercerita tentang
Ayah Adi yang menceritakan ke Dika bahwa ksatria malam tidak bisa mengalahkan
monster yang ada di gigi. Lalu ayahnya menganjurkan Dika untuk membantu ksatria
malam membasmi monster yang ada di gigi. Sehingga Dika menyikat giginya untuk membantu
si ksatria malam membasmi monster.
Dengan Adanya
ayah Adi dan Dika sebagai iconnya mempermudah dalam menyampaikan pesan yang
disampaikan sesuai dengan bahasanya. Ayah Adi memberikan cerita seru tentang
ksatria malam agar Dika mau untuk sikat gigi dimalam hari. Karena biasanya anak
– anak susah apabila diajak untuk sikat gigi dimalam hari dengan alasan
mengantuk. Dari iklan Pepsodent Ayah
Adi dan Dika ini dimana terlihat karakter Ayah Adi yang mengedukasi, membimbing
dan menghabiskan waktu bersama anaknya, Dika. konsep iklan yang menggunakan
tokoh ayah sebagai pengedukasi dalam melatih anak membiasakan diri untuk
menyikat gigi sebelum tidur ini tentunya bertujuan untuk mengajak para orang
tua agar meluangkan waktu sejenak untuk mendidik anak dan juga mengenai tokoh
Ayah yang memiliki peranan penting dalam kegiatan mengedukasi dan membimbing
anak terutama dalam hal kesehetannya.
3. Sudut
Pandang Komunikasi Bisnis
Iklan Pepsodent
Ayah Adi dan Dika (versi Ksatria Malam) dapat memberikan inspirasi orang tua
untuk mengajak anaknya sikat gigi dimalam hari agar gigi tetap sehat. Pesan
yang disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami dapat dengan efektif
dimengerti dan dipahami oleh para konsumen yang menonton iklan ini. Pemakaian bahasa dalam iklan menuntut suatu kecermatan agar bahasa itu dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi yang dapat mencapai sasaran yang dikehendaki secara baik. Komunikasi
yang baik akan memberikan dampak yang baik pada konsumennya yang dapat dengan mudah
mengingat Ayah Adi dan Dika sebagai media komunikasi dan slogan bagi produk
pepsodent. Apabila mau ngajak anaknya untuk menggosok gigi dalam pikiran orang
pasti akan menirukan Ayah Adi dan Dika, hal ini dapat memberikan pengarahan
bagi anak – anak untuk tidak malas menggosok gigi. Strategi yang di gunakan oleh Produsen Pasta Gigi Pepsodent ini yaitu dengan memasarkan produknya melalui media elektronik
yaitu melalui media periklanan dengan bertemakan cerita yang unik dan bahasa
yang ringan sehingga mudah dipahami oleh
konsumen.
4. Etika
bisnis
Iklan ini
berdampak positif bagi masyarakat khususnya anak-anak agar mereka mau menggosok
gigi secara teratur di pagi dan malah hari. Menurut saya, iklan ini sangat unik
dan mendidik. Iklan seperti inilah yang seharusnya menjadi contoh. Tidak hanya
sekedar "menjual" tetapi juga mendidik dan memberi tips bagi orang
tua dalam membiasakan sikat gigi teratur pada anak. Iklan yang berdurasi hampi
30 detik ini dikemas secara santai dengan ditambahkannya backsound yang enak
didengar. Bahasa yang digunakan oleh narator pun tidak terlalu formal. Walaupun
membahas tetang pemsalahan penyakit, iklan ini tidak menampilkan kesan yang
"berat". Hal ini dikarenakan Pepsodent memakai anak kecil dalam
iklannya.
- Profil Pepsodent
Pepsodent adalah
pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflourida
pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang secara aktif
mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program
sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah
melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi
dengan manfaat lengkap.
Pepsodent telah
menjadi market leader dan menguasai pangsa pasar untuk produk pasta gigi. Saat
ini produk pasta gigi memiliki bermacam-macam varian yaitu klasik, herbal,
whitening, complete care dan anak-anak. Selama brand mix-nya kuat akses ke
konsumen menjadi makin mudah.
PT. Unilever Indonesia pada produk Pepsodent
untuk saat ini menjadi market leader di pemasaran Indonesia terutama untuk
merek Pepsodent dengan ukuran antara 25gram-190 gram, dimana tingkat produksi
rata-rata perhari 870.000 pcs. Selain itu, produk pasta gigi Pepsodent jenis warna
putih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produk lain yang sejenis
diantara nya mengandung flouride sebagai bahan anti gigi berlubang, mengandung
GaGP sebagai bahan aktif yang mampu memperkuat daya kerja flouride dalam
mencegah gigi berlubang.
refrensi:
https://www.youtube.com/watch?v=PoRLS8dAFLA
http://rimarismaa.blogspot.co.id/2014/06/profil-pepsodent.html
refrensi:
https://www.youtube.com/watch?v=PoRLS8dAFLA
http://rimarismaa.blogspot.co.id/2014/06/profil-pepsodent.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar