18214880
4EA12
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI
(Contoh kasus penggunaan teknologi komunikasi
dalam kegiatan bisnis)
I. PENDAHULUAN
Saat ini teknologi informasi bukan hanya berkembang
dengan pesat, tetapi juga sering mengalami perubahan yang sangat cepat. Hampir
setiap detik selalu ditemukan penemuan baru dengan tujuan untuk memperbaiki
atau menyempurnakan hasil teknologi sebelumnya. manfaat teknologi nformasi pada
saat ini tidak hanya dipergunakan untuk kepentingan organisasi saja, tetapi
juga untuk kebutuhan individu. Bagi organisasi teknologi informasi dapat
digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan untuk kebutuhan
individu, teknologi dipergunakan untuk kepentingan pribadiseperti mencari
pekerjaan.
Dengan kemajuan teknologi
yang semakin pesat saat ini, bisa dikatakan teknologi informasi telah memasuki
ke segala bidang, salah satunya dibidang bisnis. Bisnis tanpa adanya
memanfaatkan teknologi informasi tidak akan bisa maju dan terancam bangkrut.
Banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung
kemajuan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang bisnis
akan memberikan dampak positif yang besar untuk jalanya bisnis yang kita
bangun. Contohnya yaitu Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di internet
banyak membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti
E-mail yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat
atau video conferencing juga mempercepat komunikasi. Sehingga interaksi dengan
konsumen pun dapat lebih efektif dan efisien.
Salah satu contoh teknologi komunikasi pada saat ini ialah internet. Dimana dengan menggunakan internet setiap orang dapat berkomunikasi tanpa mengenal batas. contoh kasus penggunaan teknologi komunikasi dalam bisnis ini ialah situs Traveloka. Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. saya pun pernah menggunakan situs ini untuk memesan hotel saat saya ingin pergi berlibur dengan keluarga.Situs ini sangat membantu saya dalam proses pemesanan karena saya tidak perlu lagi datang ke hotel untuk reservasi terlebih dahulu sehingga sanagat efisien dan efektif. situs ini juga dapat membandingkan harga hotel yang berbeda dengan fasilitas yang baik sehingga kita dapat mengetahui harga hotel yang murah namun dengan kualitas yang sama baiknya dengan harga hotel yang lebih mahal.
Salah satu contoh teknologi komunikasi pada saat ini ialah internet. Dimana dengan menggunakan internet setiap orang dapat berkomunikasi tanpa mengenal batas. contoh kasus penggunaan teknologi komunikasi dalam bisnis ini ialah situs Traveloka. Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. saya pun pernah menggunakan situs ini untuk memesan hotel saat saya ingin pergi berlibur dengan keluarga.Situs ini sangat membantu saya dalam proses pemesanan karena saya tidak perlu lagi datang ke hotel untuk reservasi terlebih dahulu sehingga sanagat efisien dan efektif. situs ini juga dapat membandingkan harga hotel yang berbeda dengan fasilitas yang baik sehingga kita dapat mengetahui harga hotel yang murah namun dengan kualitas yang sama baiknya dengan harga hotel yang lebih mahal.
II. PEMBAHASAN
TEORI
1. Keuntungan Menguasai Teknologi Informasi
a.Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat
mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
b. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
· Informasi
yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan
pendidikan. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan
adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas
virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang
pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan
semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK
C. Dalam bidang
bisnis :
Keuntungan
· 1. Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Dengan kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut
mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa inovasi yang sangat
menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnia yang sangat menguntungkan
bagi semua orang. Salah satu bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan
kemajuan teknologi dan informasi adalah Google. Google merupakan salah satu
contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal
seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google
merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan
oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet.
Hal yang paling penting adalah, Google meraup banyak keuntungan dari hal
tersebut.
· 2. Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat teknologi informasi dalam bidang
bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan
informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit
tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan
bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang
terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para
pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke
Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku
bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
· 3. Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat membantu setiap perusahaan dalam
mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa
terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan
pekerjaannya. Hal tersebut dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi
biaya produksinya sehingga mereka bisa mencapai prinsip ekonomi dimana mereka
dapat mendapatkan keuntungan yang besar dengan hanya mengelurkan pengeluaran
yang sedikit. Manfaat IT yang lainnya yaitu mengurangi operasional setiap
perusahaan sehingga hal ini dapat menambah jumlah produksi setiap perusahaan
dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi
setiap perusahaan terutama bagi mereka yang sudah menerapkan teknologi yang
canggih dalam perusahaannyaMempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap
karyawan.
Manfaat IT yang
terakhir bagi dunia bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan monitoring
setiap karyawan yang bekerja. Untuk proses komunikasi, setiap karyawan tidak
perlu lagi repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama. Mereka bisa
melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal
ini membuat rapat menjadi lebih praktis dan menyenangkan tanpa perlu jauh-jauh
datang ke tempat rapat. Selain itu, hal tersebut juga bisa digunakan untuk
mengawasi kinerja para karyawan. Sang pemimpin perusahaan bisa tetap mengawasi
kinerja karyawan dalam perusahaannya dengan memakai beberapa metode seperti
metode komunikasi dengan mangaer dari perusahaan tersebut.
2. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Komunikasi
Bisnis
Menggunakan
Teknologi Informasi pada bidang bisnis akan memberikan dampak yg sangat besar
untuk keberlangsungan perusahaan di dunia. Berikut merupakan beberapa manfaat
penting IT untuk bisnis dan pada sebuah perusahaan.
·
IT
dapat memperluas pangsa pasar.
·
IT
dapat juga meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
·
IT
dapat memberikan keunggulan kompetitif.
·
IT
dapat memberikan peluang bisnis baru.
·
IT
dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
Pemanfaatan IT untuk membantu berbagai kebutuhan dan
perkembangan suatu organisasi, individu dan perusahaan tentu akan mendatangkan
sesuatu yg positif. Akan tetapi perlu diketahui bahwa IT dapat membuat kita
menjadi insan yang lebih berarti dengan memanfaatkannya untuk hal yang positif.
Manfaat IT untuk hal yg positif tentu akan mendapat banyak dukungan dari
berbagai kalangan.
3. Pengaruh Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam
Pengambilan Keputusan Bisnis
Membuat keputusan (decision making)
adalah suatu proses memilih alternatif tertentu dari beberapa alternatif yang
ada. Jadi, membuat keputusan adalah suatu proses memilih antara berbagai macam
cara untuk melaksanakan pekerjaan. Semakin berpengalaman dalam pengambilan
keputusan, semakin besar pula kepercayaan diri yang akan semakin berorientasi
pula pada suatu tindakan. Jika seorang wirausaha mampu mengambil suatu
keputusan dalam batas-batas waktu yang masuk akal, mungkin ia mampu mengambil
suatu keputusan yang menguntungkan sehingga sewaktu-waktu muncul peluang-peluang
bisnis.
III. ANALISIS
Berdasarkan contoh kasus saya diatas, menurut saya pemanfaat teknologi komunikasi untuk berbisnis sangatlah penting. karena dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti internet, perusahaan dengan sangat mudah dapat menjangkau konsumen. Traveloka itu sendiri juga merupakan situs pemesanan tiket pesawat dan hotel yang sangat bermanfaat untuk para konsumen sehingga konsumen pun dapat lebih efisiesn dan efektif apabila ingin memesan tiket pesawat maupun reservasi kamar hotel. Seperti yang telah kita ketahui juga, Traveloka kini semakin maju dalam mengembangkan bisnisnya yang dimana sekarang Traveloka melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.
Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Teknologi Informasi sebagai tulang punggung manajemen supply chain, konsep manajemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi (TI). Konsep menajemen supply chain memperlihatkan adanya proses ketergantungan antara berbagai perusahaan yang terkait di dalam sebuah system bisnis. Semakin banyak perusahaan yang terlibat dalam rantai tersebut, akan semakin kompleks strategi pengelolaan yang perlu dibangun. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, berupa digital marketing atau nternet marketing (cyber marketing, electronic marketing). Istilah internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam aktivitas-aktivitas bisnis secara elektronik (e-commerce atau e-bisnis), khususnya dengan memanfaatkan internet sebagai media, pasar, maupun infrastruktur penunjang.
Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Teknologi Informasi sebagai tulang punggung manajemen supply chain, konsep manajemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi (TI). Konsep menajemen supply chain memperlihatkan adanya proses ketergantungan antara berbagai perusahaan yang terkait di dalam sebuah system bisnis. Semakin banyak perusahaan yang terlibat dalam rantai tersebut, akan semakin kompleks strategi pengelolaan yang perlu dibangun. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, berupa digital marketing atau nternet marketing (cyber marketing, electronic marketing). Istilah internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam aktivitas-aktivitas bisnis secara elektronik (e-commerce atau e-bisnis), khususnya dengan memanfaatkan internet sebagai media, pasar, maupun infrastruktur penunjang.
Referensi :
http://ressinatasumanda.blogspot.co.id/2014/03/peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis.html
https://maulanaarismaya.wordpress.com/2016/03/21/peranan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bisnis/
http://bagussmpr.blogspot.co.id/2016/05/teknologi-informasi-dalam-komunikasi.html
https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pengaruh-pemanfaatan-teknologi-informasi-dalam-pengambilan-keputusan-bisnis/
http://nataliagercia.wixsite.com/mysite/single-post/2016/04/26/SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN-ECOMMERCE-BISNIS-JASA-%E2%80%9DTRAVELOKA%E2%80%9D
http://nataliagercia.wixsite.com/mysite/single-post/2016/04/26/SISTEM-INFORMASI-MANAJEMEN-ECOMMERCE-BISNIS-JASA-%E2%80%9DTRAVELOKA%E2%80%9D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar