Nama : Ramadhanty Dwi Putri
NPM : 18214880
Kelas : 4EA12
Matkul : Komunikasi Bisnis Softskill
Pendahuluan
Sistem perdagangan
zaman sekarang memang semakin canggih. Transaksi jual beli yang dulunya
dilakukan dengan cara penjual dan pembeli harus saling bertemu, cara tersebut
saat ini dapat ditiadakan. Dengan adanya internet seorang penjual dapat memasarkan
barang dagangannya melalui suatu web penjualan dan pembeli memesan barang yang
diinginkan serta melakukan transaksi tanpa bertemu dengan penjualnya. Maka
barang yang diinginkan pun dengan mudah dapat diterima.
Contoh
kasus
Seperti yang saya
lakukan pada beberapa hari terakhir, saya memesan barang lewat media penjualan
online bernama lazada. Ketika saya membuka situs penjualan online tersebut saya
tertarik dengan suatu barang yang kebetulan pihak lazada itu sendiri sedang
melakukan diskon besar-besaran terhadap beberapa barang tertentu. Saya pun
tertarik pada bantal dan guling yang pada saat itu harganya memang berbeda jauh
saat barang tersebut belum di diskon. Kemudian saya pesanlah barang tersebut
sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Tak lama setelah barang itu saya pesan,
keesokan harinya barang itu pun datang. Awalnya saya merasa senang dengan waktu
pesanan saya diantarkan dengan sangat cepat tetapi saat saya membuka pesanan
saya, saya pun merasa kurang puas terhadap barang yang saya pesan. Karena kualitas barangnya pun tidak sesuai
dengan ekspetasi saya. Ketika itu saya melakukan system COD (Cost On Delivery)
dimana artinya saya membayar barang pesanan pada saat barang dikirimkan. Karena
system pembayaran itu saya kira dapat mengantisipasi terjadinya penipuan yang
sering marak terjadi pada situs
penjualan secara online. Seperti yang terjadi pada contoh kasus penipuan
berikut:
Jakarta - Tanggal 06 Juli 2017, saya tertarik untuk melakukan
transaksi online di salah satu media online. Iklan itu berisikan promo Bazar
Lazada secara besar-besaran dan saat diklik, halaman dialihkan ke alamat
website bazar-lazada.com yang saat ini sudah tidak bisa dibuka.
Saya membeli dua buah ponsel Sony Xperia C5 Ultra White dengan harga Rp 495 ribu dengan total Rp 990 ribu. Saya login menggunakan akun yang sama persis seperti akun saya di lazada.co.id, setelah itu akan tampil alamat pengiriman dan alamat penagihan barang (alamat rumah).
Selanjutnya kami diarahkan untuk melanjutkan transaksi dengan memilih metode pengiriman JNE atau kantor pos dan pembayaran melalui transfer bank. Kemudian akan muncul kode virtual account rekening Bank.
Saya membeli dua buah ponsel Sony Xperia C5 Ultra White dengan harga Rp 495 ribu dengan total Rp 990 ribu. Saya login menggunakan akun yang sama persis seperti akun saya di lazada.co.id, setelah itu akan tampil alamat pengiriman dan alamat penagihan barang (alamat rumah).
Selanjutnya kami diarahkan untuk melanjutkan transaksi dengan memilih metode pengiriman JNE atau kantor pos dan pembayaran melalui transfer bank. Kemudian akan muncul kode virtual account rekening Bank.
Saya sudah
melakukan pembayaran melalui ATM ke rekening Bank BNI dengan nomor 8855 1707
0414 0803 atas nama Lazada Digital Products. Saat melakukan transfer, saya lupa
memasukkan kode referensi pembelian 428559.
Saya sudah konfirmasi ke Bank BNI yang menyatakan jika rekening dengan virtual acount tersebut aktif milik Lazada.co.id. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya history transaksi yang ada di rekening tersebut.
Akan tetapi Lazada tetap tidak mengakuinya, padahal uang saya sudah terdebet dan masuk ke rekening tujuan. Mohon tanggapan pihak terkait agar uang saya bisa kembali dan tidak ada lagi yang megalami nasib seperti saya.
Saat ini telah muncul website yang hampir sama yaitu obral-lazada.com. Dan di website tersebut juga ada logo Lazada serta menampilkan harga yang benar-benar murah.
Saya sudah konfirmasi ke Bank BNI yang menyatakan jika rekening dengan virtual acount tersebut aktif milik Lazada.co.id. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya history transaksi yang ada di rekening tersebut.
Akan tetapi Lazada tetap tidak mengakuinya, padahal uang saya sudah terdebet dan masuk ke rekening tujuan. Mohon tanggapan pihak terkait agar uang saya bisa kembali dan tidak ada lagi yang megalami nasib seperti saya.
Saat ini telah muncul website yang hampir sama yaitu obral-lazada.com. Dan di website tersebut juga ada logo Lazada serta menampilkan harga yang benar-benar murah.
Analisis
Kasus
Kalau dilihat dari
kasus pertama saya, memang kadang resiko saat membeli barang melalui online itu
sering terjadi. Salah satunya ialah barang yang sampai ditangan kita kadang
tidak sesuai ekspektasi. Alangkah baiknya bila kita tidak mudah teriming-imging
dengan harga yang murah atau diskon besar-besaran terhadap suatu barang, karena
belum tentu barang itu sesuai dengan ekspektasi kita. Selanjutnya bila dilihat
dari contoh kasus penipuan diatas terlihat jelas bahwa si pelaku sengaja menipu
si korban dengan daya tarik menawarkan harga murah kepada pelanggan. Menurut
saya kita sebagai pembeli sebaiknya lebih hati-hati terhadap pembelian online,
jangan karena harga yang ditawarkan murah maka anda dengan mudahnya tergiur.
Sebaiknya melakukan transaksi menggunakan prinsip pembayaran COD (Call On
Delivery) yaitu bertemu atau bertatap muka langsung kepada dengan penjual walaupun
cara tersebut memerlukan waktu yang banyak. Ataupun dengan cara ATM dengan
syarat kita harus memiliki identitas lengkap si penjual.
Lazada
Lazada Indonesia adalah situs belanja online yang menawarkan
berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak
dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan
rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga. Lazada
Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari Lazada Group
yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga tahun 2014, Lazada Group telah
beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan
Filipina dengan Singapura sebagai lokasi kantor pusat mereka.
Cara
pemesanan barang melalui situs penjualan online Lazada
Bagaimana caranya saya bisa memesan
tanpa akun di website Lazada?
Anda
tentunya bisa memesan di Lazada tanpa menggunakan akun:
1.
Pilih produk yang Anda inginkan dan
lanjutkan ke konfirmasi pesanan
2.
Pada langkah Login Email, masukkan
email Anda dan pilih "Lanjut tanpa password"
3.
Masukkan informasi pengiriman Anda
dan pilih metode pembayaran
4.
Konfirmasi pesanan Anda
Kami
mempersilahkan Anda untuk membuat akun untuk mendapatkan informasi terbaru dan
menarik dari Lazada, ditambah memiliki informasi dan riwayat order Anda
tersimpan untuk pengalaman berbelanja Anda di toko online.
Bisakah saya menghubungi Lazada
untuk pembuatan pesanan?
Kami
dapat membantu Anda untuk membuat pesanan Anda melalui telpon jika Anda
menginginkan metode pembayaran Bayar Di Tempat (COD).
Jika
ada kondisi Anda tidak dapat membuat pesanan secara online, silahkan
menghubungi Customer Service [Klik]. Kami akan senang hati membantu Anda.
Bagaimana menghapus item dalam
keranjang belanja Anda?
Untuk
menghapus item dalam keranjang belanja Anda, Anda dapat:
·
Klik pada logo Belanja di bagian
atas halaman Lazada untuk menuju keranjang belanja Anda
·
Klik pada “Hapus Item”
Keranjang
Anda akan diperbaharui dan item akan dihapus.
Apakah saya akan menerima konfirmasi
pesanan setelah selesai melakukan pemesanan?
Konfirmasi
dengan ringkasan pesanan akan dikirimkan melalui SMS dan email sesaat setelah
anda selesai melakukan pemesanan.
Kami juga akan mengirimkan email dan pemberitahuan SMS untuk memberikan informasi terbaru tentang status pesanan Anda.
Kami juga akan mengirimkan email dan pemberitahuan SMS untuk memberikan informasi terbaru tentang status pesanan Anda.
Apakah Saya bisa membeli produk
dalam jumlah banyak?
Bisa.
Apabila Anda ingin melakukan pemesanan dalam jumlah banyak atau pemesanan untuk
produk yang sama lebih dari 5 unit, silahkan isi data pemesanan Anda di www.lazada.co.id/bulk-order/
Mohon
cantumkan informasi sebagai berikut pada email yang Anda kirimkan:
·
Nama pemesan
·
Alamat email yang digunakan untuk
login Lazada
·
Nomor telepon yang bisa dihubungi
·
Nama produk dan SKU yang akan
dipesan
·
Jumlah produk yang akan dipesan
·
Metode pembayaran yang digunakan
Tim
terkait kami akan menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut.
Berikut
adalah ketentuan untuk pemesanan dalam jumlah banyak:
1. Tidak berlaku untuk pembayaran dengan COD (Bayar
ditempat)
2. Pemesanan tidak dapat menggunakan voucher dan tidak dapat mengikuti program cicilan
3. Alasan pengembalian barang (Return) tidak berlaku untuk alasan berubah pikiran (Change mind)
4. Hanya berlaku untuk pemesanan atas nama personal (non corporate)
5. Untuk pembayaran dengan Bank Transfer, mohon lakukan pembayaran maksimum 1 jam setelah pemesanan
6. Hanya berlaku untuk produk lokal (bukan produk yang dikirimkan dari luar negeri)
7. Apabila jumlah produk yang dipesan tidak lebih dari 5 unit, permintaan tidak dapat kami lanjutkan. Anda dapat melakukan pemesanan normal pada website kami.
8. Pesanan akan diproses pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 17.00. Apabila Anda melakukan pengisian formulir pada hari Sabtu,Minggu dan hari libur atau diatas jam 17.00 maka pengajuan akan diproses pada hari kerja berikutnya.
2. Pemesanan tidak dapat menggunakan voucher dan tidak dapat mengikuti program cicilan
3. Alasan pengembalian barang (Return) tidak berlaku untuk alasan berubah pikiran (Change mind)
4. Hanya berlaku untuk pemesanan atas nama personal (non corporate)
5. Untuk pembayaran dengan Bank Transfer, mohon lakukan pembayaran maksimum 1 jam setelah pemesanan
6. Hanya berlaku untuk produk lokal (bukan produk yang dikirimkan dari luar negeri)
7. Apabila jumlah produk yang dipesan tidak lebih dari 5 unit, permintaan tidak dapat kami lanjutkan. Anda dapat melakukan pemesanan normal pada website kami.
8. Pesanan akan diproses pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 17.00. Apabila Anda melakukan pengisian formulir pada hari Sabtu,Minggu dan hari libur atau diatas jam 17.00 maka pengajuan akan diproses pada hari kerja berikutnya.
Teori
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki
tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui
simbol-simbol atau sinyal.
Komunikasi bisnis melibatkan
pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih
besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara komunikasi yang
lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian,
bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.
Dalam komunikasi bisnis terdapat
enam unsur pokok, yaitu:
- Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
- Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
- Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
- Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
- Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesanPencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Selain
itu, komunikasi antar manusia hanya bisa terjadi, jika ada seseorang yang
menyampaikan pesan kepada orang lain tujuan tertentu, artinya komunikasi hanya
bisa terjadi kalau didukung oleh adanya sumber, pesan, media, penerima, dan
efek . unsur-unsur ini bisa juga disebut komponen atau elemen komunikasi.
- Sumber, Semua peristiwa komunikasi akan melinatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim ineormasi. Dalam komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga. Sumber sering disebut pengirim, komunikator atau dalam bahasa Inggrisnya disebut source, sender, atau encoder.
- Pesan, Pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat atau propaganda. Dalam bahasa inggris pesan biasanya diterjemahkan dengan kata massage, content atau informasi (Hafied Cangara, 2008;22-24).
- Media, Media adalah alat sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, media yang paling dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindra manusia seperti mata dan teliga. Pesan-pesan yang diterima pancaindra selanjutnya diproses dalam pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu, sebelum dinyatakan dalam tindakan. Akan tetapi, media yang dimaksud dalam buku ini, ialah media yang digolongan atas empat macam, yakni: Media antarpribadi, untuk hubungan perorang (antarpribadi) media yang tepat digunakan ialah kurir /utusan, surat, dan telpon. Media kelompok, Dalam aktivitasa komunikasi yang melibatkan khlayak lebih dari 15 orang, maka media komunikasi yang banyak digunakan adalah media kelompok, misalnya, rapat, seminar, dan konperensi. Rapat biasanya digunakan untuk membicarakan hal-hal penting yang dihadapi oleh suatu organisasi. Seminar adalah media komunikasi kelompok yang biasa dihadiri 150 orang. Konferensi adalah media komunikasi yang dihadiri oleh anggota dan pengurus dari organisasi tertentu. Ada juga orang dari luar organisasi, tapi biasanya dalam status peninjau. Media publik, kalau khalayak lebih dari 200-an orang, maka media komunikasi yang digunakan biasanya disebut media publik. Misalnya rapat akbar, rapat raksasa dan semacamnya. Media massa, jika khalayak tersebar tanpa diketahui di mana mereka berada, maka biasanya digunakan media massa. Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan televisi (Hafied Cangara, 2008;123-126).
- Penerima, Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver. Dalam proses komunikasi telah dipahami bahwa keberadaan penerima adalah akibat karena adanya sumber. Tidak adanya penerima jika tidak ada sumber. Penerima adalah elemen penting dalam proses komunikasi, karena dialah yang menjadi sasaran dari komunikasi. Jika suatu pesan tidak diterima oleh penerima, akan menimbulkan berbagai macam masalah yang sering kali menuntut perubahan, apakah pada sumber, pesan, atau saluran.
- Pengaruh atau efek, Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini biisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, pengaruh bisa juga diartikan perubahan atau pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan pesan (Hafied Cangara, 2008;22-27).
Proses komunikasi
Pengertian Bisnis Online Internet
Pengertian bisnis online adalah
sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang di lakukan
menggunakan jaringan internet, Untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah
menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan
internet dengan saling berkomukasi. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis
offline, yang dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat
penjual barang tersebut, Namun dengan menggunakan bisnis online hal itu tidak
lagi digunakan karena dengan menggunakan gambar dan artikel sebagai bukti akan
bisa terjadi transaksi.
Keuntungan
dan Kerugian melakukan pembelian barang
secara online
A.
Keuntungan Pembelian Barang Secara Online
·
Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi
orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi toko.
·
Banyak pilihan toko online yang menyediakan
ragam produk yang di inginkan.
·
Menghemat waktu dan tenaga, tidak perlu
berkeliling mal atau toko, cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka
internet dan tentu saja akan terhindar dari kemacetan jalan raya.
·
Dapat membandingkan produk dan harga dengan toko
online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
·
Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang,
dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM dan
tinggal menunggu barang dikirim.
B.
Kerugian Pembelian Barang Secara Online
·
Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim
setelah dilakukan pembayaran.
·
Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan
yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di
website.
·
Dikenakan biaya transportasi, sehingga ada biaya
tambahan.
·
Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang
yang dipesan.
·
Butuh waktu agar barang sampai ditempat karena
proses pengiriman
Referensi:
https://news.detik.com/suara-pembaca/d-3574238/waspada-penipuan-melalui-website-bazar-lazadacom
https://id.wikipedia.org/wiki/LAZADA_Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar