Selasa, 03 Oktober 2017

TUGAS 1 SOFTSKILL KOMUNIKASI BISNIS



 Nama   : Ramadhanty Dwi Putri
 NPM    : 18214880
 Kelas    : 4EA12
 Matkul : Komunikasi Bisnis Softskill
Pendahuluan
Sistem perdagangan zaman sekarang memang semakin canggih. Transaksi jual beli yang dulunya dilakukan dengan cara penjual dan pembeli harus saling bertemu, cara tersebut saat ini dapat ditiadakan. Dengan adanya internet seorang penjual dapat memasarkan barang dagangannya melalui suatu web penjualan dan pembeli memesan barang yang diinginkan serta melakukan transaksi tanpa bertemu dengan penjualnya. Maka barang yang diinginkan pun dengan mudah dapat diterima.

Contoh kasus
Seperti yang saya lakukan pada beberapa hari terakhir, saya memesan barang lewat media penjualan online bernama lazada. Ketika saya membuka situs penjualan online tersebut saya tertarik dengan suatu barang yang kebetulan pihak lazada itu sendiri sedang melakukan diskon besar-besaran terhadap beberapa barang tertentu. Saya pun tertarik pada bantal dan guling yang pada saat itu harganya memang berbeda jauh saat barang tersebut belum di diskon. Kemudian saya pesanlah barang tersebut sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Tak lama setelah barang itu saya pesan, keesokan harinya barang itu pun datang. Awalnya saya merasa senang dengan waktu pesanan saya diantarkan dengan sangat cepat tetapi saat saya membuka pesanan saya, saya pun merasa kurang puas terhadap barang yang saya pesan.  Karena kualitas barangnya pun tidak sesuai dengan ekspetasi saya. Ketika itu saya melakukan system COD (Cost On Delivery) dimana artinya saya membayar barang pesanan pada saat barang dikirimkan. Karena system pembayaran itu saya kira dapat mengantisipasi terjadinya penipuan yang sering  marak terjadi pada situs penjualan secara online. Seperti yang terjadi pada contoh kasus penipuan berikut:
Jakarta - Tanggal 06 Juli 2017, saya tertarik untuk melakukan transaksi online di salah satu media online. Iklan itu berisikan promo Bazar Lazada secara besar-besaran dan saat diklik, halaman dialihkan ke alamat website bazar-lazada.com yang saat ini sudah tidak bisa dibuka.

Saya membeli dua buah ponsel Sony Xperia C5 Ultra White dengan harga Rp 495 ribu dengan total Rp 990 ribu. Saya login menggunakan akun yang sama persis seperti akun saya di lazada.co.id, setelah itu akan tampil alamat pengiriman dan alamat penagihan barang (alamat rumah).

Selanjutnya kami diarahkan untuk melanjutkan transaksi dengan memilih metode pengiriman JNE atau kantor pos dan pembayaran melalui transfer bank. Kemudian akan muncul kode virtual account rekening Bank.
Saya sudah melakukan pembayaran melalui ATM ke rekening Bank BNI dengan nomor 8855 1707 0414 0803 atas nama Lazada Digital Products. Saat melakukan transfer, saya lupa memasukkan kode referensi pembelian 428559.

Saya sudah konfirmasi ke Bank BNI yang menyatakan jika rekening dengan virtual acount tersebut aktif milik Lazada.co.id. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya history transaksi yang ada di rekening tersebut.

Akan tetapi Lazada tetap tidak mengakuinya, padahal uang saya sudah terdebet dan masuk ke rekening tujuan. Mohon tanggapan pihak terkait agar uang saya bisa kembali dan tidak ada lagi yang megalami nasib seperti saya.

Saat ini telah muncul website yang hampir sama yaitu obral-lazada.com. Dan di website tersebut juga ada logo Lazada serta menampilkan harga yang benar-benar murah.

Analisis Kasus

Kalau dilihat dari kasus pertama saya, memang kadang resiko saat membeli barang melalui online itu sering terjadi. Salah satunya ialah barang yang sampai ditangan kita kadang tidak sesuai ekspektasi. Alangkah baiknya bila kita tidak mudah teriming-imging dengan harga yang murah atau diskon besar-besaran terhadap suatu barang, karena belum tentu barang itu sesuai dengan ekspektasi kita. Selanjutnya bila dilihat dari contoh kasus penipuan diatas terlihat jelas bahwa si pelaku sengaja menipu si korban dengan daya tarik menawarkan harga murah kepada pelanggan. Menurut saya kita sebagai pembeli sebaiknya lebih hati-hati terhadap pembelian online, jangan karena harga yang ditawarkan murah maka anda dengan mudahnya tergiur. Sebaiknya melakukan transaksi menggunakan prinsip pembayaran COD (Call On Delivery) yaitu bertemu atau bertatap muka langsung kepada dengan penjual walaupun cara tersebut memerlukan waktu yang banyak. Ataupun dengan cara ATM dengan syarat kita harus memiliki identitas lengkap si penjual.

Lazada  


Lazada Indonesia adalah situs belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga tahun 2014, Lazada Group telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina dengan Singapura sebagai lokasi kantor pusat mereka.

Cara pemesanan barang melalui situs penjualan online Lazada
Bagaimana caranya saya bisa memesan tanpa akun di website Lazada?
Anda tentunya bisa memesan di Lazada tanpa menggunakan akun:
1.      Pilih produk yang Anda inginkan dan lanjutkan ke konfirmasi pesanan
2.      Pada langkah Login Email, masukkan email Anda dan pilih "Lanjut tanpa password"
3.      Masukkan informasi pengiriman Anda dan pilih metode pembayaran
4.      Konfirmasi pesanan Anda
Kami mempersilahkan Anda untuk membuat akun untuk mendapatkan informasi terbaru dan menarik dari Lazada, ditambah memiliki informasi dan riwayat order Anda tersimpan untuk pengalaman berbelanja Anda di toko online.
Bisakah saya menghubungi Lazada untuk pembuatan pesanan?
Kami dapat membantu Anda untuk membuat pesanan Anda melalui telpon jika Anda menginginkan metode pembayaran Bayar Di Tempat (COD).
Jika ada kondisi Anda tidak dapat membuat pesanan secara online, silahkan menghubungi Customer Service [Klik]. Kami akan senang hati membantu Anda.
Bagaimana menghapus item dalam keranjang belanja Anda?
Untuk menghapus item dalam keranjang belanja Anda, Anda dapat:
·         Klik pada logo Belanja di bagian atas halaman Lazada untuk menuju keranjang belanja Anda
·         Klik pada “Hapus Item”
Keranjang Anda akan diperbaharui dan item akan dihapus.
Apakah saya akan menerima konfirmasi pesanan setelah selesai melakukan pemesanan?
Konfirmasi dengan ringkasan pesanan akan dikirimkan melalui SMS dan email sesaat setelah anda selesai melakukan pemesanan.
Kami juga akan mengirimkan email dan pemberitahuan SMS untuk memberikan informasi terbaru tentang status pesanan Anda.
Apakah Saya bisa membeli produk dalam jumlah banyak?
Bisa. Apabila Anda ingin melakukan pemesanan dalam jumlah banyak atau pemesanan untuk produk yang sama lebih dari 5 unit, silahkan isi data pemesanan Anda di www.lazada.co.id/bulk-order/
Mohon cantumkan informasi sebagai berikut pada email yang Anda kirimkan:
·         Nama pemesan
·         Alamat email yang digunakan untuk login Lazada
·         Nomor telepon yang bisa dihubungi
·         Nama produk dan SKU yang akan dipesan
·         Jumlah produk yang akan dipesan
·         Metode pembayaran yang digunakan
Tim terkait kami akan menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut.
Berikut adalah ketentuan untuk pemesanan dalam jumlah banyak:
1. Tidak berlaku untuk pembayaran dengan COD (Bayar ditempat)
2. Pemesanan tidak dapat menggunakan voucher dan tidak dapat mengikuti program cicilan
3. Alasan pengembalian barang (Return) tidak berlaku untuk alasan berubah pikiran (Change mind)
4. Hanya berlaku untuk pemesanan atas nama personal (non corporate)
5. Untuk pembayaran dengan Bank Transfer, mohon lakukan pembayaran maksimum 1 jam setelah pemesanan
6. Hanya berlaku untuk produk lokal (bukan produk yang dikirimkan dari luar negeri)
7. Apabila jumlah produk yang dipesan tidak lebih dari 5 unit, permintaan tidak dapat kami lanjutkan. Anda dapat melakukan pemesanan normal pada website kami.
8. Pesanan akan diproses pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 17.00. Apabila Anda melakukan pengisian formulir pada hari Sabtu,Minggu dan hari libur atau diatas jam 17.00 maka pengajuan akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Teori

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.
Komunikasi bisnis melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.
Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
  • Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
  • Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesanPencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Selain itu, komunikasi antar manusia hanya bisa terjadi, jika ada seseorang yang menyampaikan pesan kepada orang lain tujuan tertentu, artinya komunikasi hanya bisa terjadi kalau didukung oleh adanya sumber, pesan, media, penerima, dan efek . unsur-unsur ini bisa juga disebut komponen atau elemen komunikasi.
  1. Sumber, Semua peristiwa komunikasi akan melinatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim ineormasi. Dalam komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga. Sumber sering disebut pengirim, komunikator atau dalam bahasa Inggrisnya disebut source, sender, atau encoder.
  2. Pesan, Pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat atau propaganda. Dalam bahasa inggris pesan biasanya diterjemahkan dengan kata massage, content atau informasi (Hafied Cangara, 2008;22-24).
  3. Media, Media adalah alat sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Ada beberapa pakar psikologi memandang bahwa dalam komunikasi antarmanusia, media yang paling dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindra manusia seperti mata dan teliga. Pesan-pesan yang diterima pancaindra selanjutnya diproses dalam pikiran manusia untuk mengontrol dan menentukan sikapnya terhadap sesuatu, sebelum dinyatakan dalam tindakan. Akan tetapi, media yang dimaksud dalam buku ini, ialah media yang digolongan atas empat macam, yakni: Media antarpribadi, untuk hubungan perorang (antarpribadi) media yang tepat digunakan ialah kurir /utusan, surat, dan telpon. Media kelompok, Dalam aktivitasa komunikasi yang melibatkan khlayak lebih dari 15 orang, maka media komunikasi yang banyak digunakan adalah media kelompok, misalnya, rapat, seminar, dan konperensi. Rapat biasanya digunakan untuk membicarakan hal-hal penting yang dihadapi oleh suatu organisasi. Seminar adalah media komunikasi kelompok yang biasa dihadiri 150 orang. Konferensi adalah media komunikasi yang dihadiri oleh anggota dan pengurus dari organisasi tertentu. Ada juga orang dari luar organisasi, tapi biasanya dalam status peninjau. Media publik, kalau khalayak lebih dari 200-an orang, maka media komunikasi yang digunakan biasanya disebut media publik. Misalnya rapat akbar, rapat raksasa dan semacamnya. Media massa, jika khalayak tersebar tanpa diketahui di mana mereka berada, maka biasanya digunakan media massa. Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, dan televisi (Hafied Cangara, 2008;123-126).
  4. Penerima, Penerima adalah  pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber.  Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver. Dalam proses komunikasi telah dipahami bahwa keberadaan penerima adalah akibat karena adanya sumber. Tidak adanya penerima jika tidak ada sumber. Penerima adalah elemen penting dalam proses komunikasi, karena dialah yang menjadi sasaran dari komunikasi. Jika suatu pesan tidak diterima oleh penerima, akan menimbulkan berbagai macam masalah yang sering kali menuntut perubahan, apakah pada sumber, pesan, atau saluran.
  5. Pengaruh atau efek, Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini biisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, pengaruh bisa juga diartikan perubahan atau pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan pesan (Hafied Cangara, 2008;22-27).
Proses komunikasi



Pengertian Bisnis Online Internet
Pengertian bisnis online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang di lakukan menggunakan jaringan internet, Untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomukasi. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis offline, yang dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat penjual barang tersebut, Namun dengan menggunakan bisnis online hal itu tidak lagi digunakan karena dengan menggunakan gambar dan artikel sebagai bukti akan bisa terjadi transaksi.

Keuntungan dan Kerugian melakukan pembelian barang  secara online

A. Keuntungan Pembelian Barang Secara Online
·         Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi toko.
·         Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang di inginkan.
·         Menghemat waktu dan tenaga, tidak perlu berkeliling mal atau toko, cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja akan terhindar dari kemacetan jalan raya.
·         Dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.
·         Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile banking atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.
B. Kerugian Pembelian Barang Secara Online
·         Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran.
·         Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
·         Dikenakan biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
·         Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan.
·         Butuh waktu agar barang sampai ditempat karena proses pengiriman

Referensi: 
https://news.detik.com/suara-pembaca/d-3574238/waspada-penipuan-melalui-website-bazar-lazadacom
https://id.wikipedia.org/wiki/LAZADA_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar