Senin, 25 Mei 2015

KEPUTUSAN



Dalam materi keputusan ini masih ada hubungannya dengan yang namanya suara hati. Mengapa demikian? Karena suara hati ini dapat kita rasakan apabila kita ingin mengambil suatu keputusan. Keputusan itu sendiri mempunyai arti yaitu suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan-kemungkinan dari alternatif tersebut bersama konsekuensinya.

Keputusan ini berhubungan dengan sesuatu yang namanya bijak, dewasa, dan mandiri. Apabila seseorang sudah bisa mengambil suatu keputusan maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai seseorang yang dewasa. Karena kedewasaan itu dapat dibangun jika kita dapat mengambil keputusan. Tentunya untuk mengambil keputusan itu tidak mudah. Perlunya ada pemikiran-pemikiran yang matang agar tidak terjadi kesalahan dalam memutuskan sesuatu.

Disisi lain, jikalau kita sudah bisa saling menghargai dengan oranglain, maka sesungguhnya kita sudah membuat sesuatu keputusan yang hebat. Karena pada dasarnya apabila kita sebagai manusia dapat melawan hawa nafsu maka disitulah kita dapat disebut sebagai manusia baru.

Keputusan selalu erat hubungannya dengan masalah-masalah yang kita hadapi di dalam hidup ini. Namun, dari masalah-masalah itulah yang membuat kita mendapatkan arti nilai kehidupan. Jika dihadapkan oleh masalah-masalah ini tentunya dari pola pikir kita yang berasal dari superego ini dapat menciptakan/mengambil suatu keputusan di dalam situasi yang konkrit.

Masalah-masalah yang kita hadapi itu tidak hanya datang sekali didalam kehidupan kita. Maka seharusnya kita menghadapi masalah itu dengan menciptakan keputusan yang terbaik yang sesuai dengan pikiran dan hati nurani. Ketika kita terlatih dalam menghadapi masalah-masalah itu tentunya kita sendiri akan menjadi pribadi yang kuat dan apabila kita bersungguh-sungguh dalam menghadapi masalah, maka akan timbullah suatu kedewasaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar